10/11/15

FAKTA DAN KENYATAAN SMK PERIKANAN NEGERI 2 ANAMBAS



SMK NEGERI 2 ANAMBAS MERUPAKAN SALAH SATU SEKOLAH YANG KEHADIRANNYA SANGAT DIHARAPKAN OLEH PEMERINTAHAN DAERAH DENGAN SEGALA JERI PAYAH MEREKA LAKUKAN PELOBIAN AGAR APA YANG MEREKA INGINKAN TERCAPAI, KAMI SEBAGAI TENAGA PENDIDIK SANGAT MENGAPRESIASI NIAT BAIK ITU, NAMUN KARENA KETERBATAS DAN KURANGNYA KEMAMPUAN DAERAH DALAM MEMENUHI  KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH MEMBUAT PERJALANAN PROSES KBM MENJADI SANGAT TIDAK EFEKTIF. KENAPA TIDAK, SEGALA YANG KAMI BUTUHKAN UNTUK KEGIATAN PENGAJARAN BOLEH DIKATAKAN TIDAK ADA SAMA SEKALI, MISALKAN BUKU PENUNJANG BAIK ITU UNTUK MATA PELAJARAN UMUM, YANG LEBIH PARAHNYA LAGI BUKU PENUNJANG UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF JUGA TIDAK ADA.
SELAMA DUA SEMESTER KAMI SISWA DAN SISWI BERPAKAIAN PUTIH ABU-ABU BAHKAN ADA YANG BERTAHAN MEMAKAI SERAGAM SMP, SEBELUMNYA DINAS KABUPATEN BERJANJI UNTUK MEMBERIKAN BANTUAN PEMBELIAN SERAGAM, NAMUN SAAT INI ITU IBARAT SEBUAH MIMPI MANIS YANG TERNYATA DIBUMBUI OLEH RACUN BERBISA. SEKOLAH KEJURUAN MEMANG SANGAT PENTING DIBANGUN DIDERAH INI, NAMUN SAYANG NIAT BAIK UNTUK MEMAJUKAN DAERAH SEPERTINYA MENJADI SEBUAH PERMAINAN YANG TIDAK TAHU SAMPAI KAPAN AKAN BERAKHIR, ATAUKAH DILEMA INI AKAN BERAKHIR ATAU AKAN MENJADI LADANG BASAH BAGI MEREKA YANG BERKUASA DENGAN CARA YANG INSTAN TIDAK DIBEKALI DENGAN ILMU PENDIDIKAN DAN AGAMA YANG BENAR, PADAHA DALIL UU YANG DIBUAT MEMPOSISIKAN PENDIDIKAN MENJADI PREORITAS YANG PALING DI UTAMAKAN BAIK DARI SEGI PENGADAAN SARANA MAUPUN PRASARANA.
SEKOLAH INI MEMANG SANGAT POTENSIAL UNTUK DAERAH YANG NOTABENNYA ADALAH KEPULAUAN YANG MEMILIKI HASIL LAUT YANG MELIMPAH DAN DIANGGAP PERLU PENGADAAN PEMBANGUNAN SEBUAH SEKOLAH YANG MEMILIKI LATAR BELAKANG PERIKANAN. SEKARANG APA YANG MENJADI KEINGINAN MEREKA (“) TERCAPAI NAMUN SEDIKITPUN FASILITAS YANG MENCERMINKAN SEBUAH SEKOLAH PERIKANAN YANG MEREKA UPAYAKAN DENGAN MENGHALALKAN SEGALA CARA TIDAK KELIHATAN. LEBIH TEPAT LAGI SEKOLAH KAMI INI DINAMAI SEBAGAI SEKOLAH TEMPAT HANTU MEMBUANG ANAK., KALIMAT INI SESUAI DENGAN APA ADANYA, MISALKAN JALAN LINTAS MENUJU SEKOLAH SAMPAI SAAT INI BELUM ADA, PADAHAL PENGUKURAN DARI KONSULTAN SUDAH LAMA SEKALI DILAKUKAN, PERALATAN LABORATORIUM PERIKANAN, RUANG GURU DAN SEGALA KELENGKAPANNYA JUGA BOLEH DIKATAKAN TIDAK ADA, SARANA PENERANGAN, PELABUHAN, PERPUSTAKAAN, FASILITAS AIR BERSIH, KOLAM PEMIJAHAN DAN PEMBIBITAN SAMPAI SAAT INI SEMUA ITU MENJADI CERAMAH MANIS KAMI DAN MENJADI HAYALAN INDAH BUAT PARA SISWA.
SELAMA SATU TAHUN KAMI BERUPAYA BERBENAH DENGAN BAHU MEMBAHU ANTARA GURU DAN SISWA, SEDIKIT DIBANTU OLEH MASYARAKAT, ITUPUN MASYARAKAT DALAM JUMLAH YANG SANGAT SEDIKIT MENYADARI KEBERADAAN SEKOLAH, MUNGKIN INI ADALAH EFEK NEGATIF DARI SEBUAH KEBIJAKAN POLITIS KEPALA DAERAH YANG PADA SAAT ITU MEMBUAT KEBIJAKAN YANG TIDAK RASIONAL “MEMBERIKAN PROGRAM PENDIDIKAN SECARA GERATIS” SEHINGGA MEMBUAT MASYARAKAT MEMILIKI SIFAT ACUH TAK ACUH PADA PERMASALAHAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK MEREKA, KENAPA TIDAK, BAJU, BUKU, BIAYA SPP, SEMUANYA GRATIS. SEKARANG ANGGARAN DEVISIT, YANG MENANGGUNG AKIBAT MALAH YANG LEBIH TERSASA ADALAH PARA GURU DAN PEGAWAI LAINNYA DILIKUNGAN SEKOLAH YANG SAAT INI KAMI BERTUGAS MENJADI ABDI NEGERA YANG BERLANDASKAN NIAT IKHLAS MENULARKAN ILMU YANG KAMI MILIKI.
BESAR HARAPAN KAMI KEPADA PIHAK PENDIDIKAN PROVINSI, DAN KEMENTERIAN PERIKANAN DAN KELAUTAN, TERKHUSUS LAGI KEPADA KEMENTERIAN PENDIDIKAN PUSAT, KARENA KEMENTERIAN PUSAT YANG MEMMBANGUN MAKA PUSAT JUGA YANG MESTI BERTANGGUNGJAWAB PENUH ATAS KEBERLANGSUNGAN HIDUP SEKOLAH KAMI INI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar